Sejarah Singkat

0
181


SMA Negeri 3 Lau Maros adalah sekolah menengah atas yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.[1] Sekolah ini didirikan pada tahun 1987, sebelumnya bernama SMA Negeri 2 Maros, merupakan kelas jauh dari SMA Negeri 1 Maros.
Awal berdirinya diawali dengan situasi dan kondisi dimana SMA Negeri di Maros merupakan harapan bagi setiap orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Negeri, yang pada saat itu hanya ada dua yakni SMA Negeri 1 Maros dan SMA Negeri 1 Camba. SMA Negeri 1 Maros yang berdomisili di daerah pusat kota Maros dan SMA Negeri 1 Camba berada ada di luar kota Maros. (+ 70 km dari kota Maros).

Mengingat banyaknya pendaftar siswa(i) baru saat itu SMA Negeri 1 Maros tidak dapat menampung banyaknnya calon pendaftar yang berasal dari sekitar wilayah kabubaten Maros, sehingga terdapat berbagai keluhan-keluhan masyarakat tentang daya tampung SMA Negeri 1 Maros. Tidak tersedianya daya tampung dan terbatasnya sarana dan prasarana SMA Negeri 1 Maros sehingga salah satu pemicu lahirnya SMA Negeri 2 Maros.

Berdasarkan hal itu akhirnya salah satu masyarakat Maros yaitu Bapak H.A. Nadjamuddin Aminullah, berupaya agar SMA Negeri 2 Maros segera didirikan di luar kota Maros. Alasan yang cukup kuat, karena pada saat itu banyaknya siswa lulusan SMP Negeri yang berasal dari luar kota seperti halnya di wilayah Barandasi. Di samping cukup jauh dengan SMA Negeri 1 Maros, juga karena kesulitan transportasi menuju ke sekolah.

H.A. Nadjamuddin Aminullah , mantan Bupati Maros 2 Periode, merupakan salah satu tokoh pendiri SMA Negeri 3 Maros

Menurut Drs. H. Baso Saleh (Kasubag Perencanaan dan Program Dikbud Maros tahun 1986), awal berdirinya sekolah tersebut karena desakan dari masyarakat Barandasi saat itu, kemudian diusulkan ke Jakarta.

Pada awal tahun ajaran baru 1986/1987, SMA Negeri 2 Maros, telah resmi menerima siswa baru padahal bangunan SMA Negeri 2 Maros masih dalam tahap proses pembangunannya. Oleh karena itu siswa SMA Negeri 2 Maros tetap belajar di SMA Negeri 1 Maros sebagai perintis. Adapun jumlah siswa pada saat itu adalah 106 orang dan kepala sekolah yaitu Bapak Drs. Sapo Panongko. Hingga kemudian SMA Negeri 2 Maros resmi di didirikan pada tanggal 14 April 1986. Namun demikian secara hukum SMA Negeri 2 Maros melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Surat Keputusan Nomor 052/0/1988 tanggal 8 Februari dinyatakan terdaftar dengan NSS 301190101002.
Pada tahun 2012 Oleh Bupati Maros dengan Keputusan tentang perubahan nomenkulatur sekolah SMA Negeri 2 Maros berubah menjadi SMA Negeri 3 Lau Maros. Hal ini atas dasar bahwa SMA Negeri 3 Lau Maros merupakan SMA ke 3 yang didirikan di Kabupaten Maros. Dan pada tahun 2016 disaat SMA dikelola oleh Propinsi SMA Negeri 3 Lau Maros kembali berubah nama menjadi SMA Negeri 3 Maros.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here