Tata Tertib SMAN 3 Maros

0
266

DOWNLOAD DI SINI

TATA TERTIB SMA NEGERI 3  MAROS

  1. NAMA, FUNGSI , MAKSUD DAN TUJUAN.

Tata tertib ini disebut tata tertib SMA Negeri 3  Maros

Tata tertib ini berfungsi  untuk mengatur segenap kegiatan sekolah dan mencegah perilaku peserta didik yang bertentangan dengan aturan yang telah ditetapkan bersama Perwakilan Kelas, Pengurus OSIS, guru BK, Wakasek, staf kesiswaan dan guru TIK.

Maksud tata tertib ini adalah agar peserta didik dapat mengetahui, memahami dan mengamalkan segenap aturan yang berlaku di sekolah guna terselenggaranya Proses Belajar yang baik.

 

II.      KEHADIRAN DI SEKOLAH.

         1.1.      Masuk Sekolah

  1. Peserta didik harus hadir di sekolah paling lambat pukul 07.10 Wita . Jam pertama dimulai pukul 07.30 dan Pulang pada pukul 14.30 Wita. Kecuali Hari Jumat Pulang pukul 11.15 Wita.
    1. Bagi peserta didik yang bertugas di kelas diharuskan hadir lebih awal  ( 15 menit ) sebelum pelajaran dimulai.
    1. Peserta didik yang terlambat  tidak dapat diizinkan masuk kelas kecualitelah melapor ke guru piket atau guru BK yang dibuktikan dengan Surat izin masuk kelas.
    1. Pagar sekolah ditutup pada pukul 07.30. setiap pagi
    1. Pada hari Jum’at, Siswa laki-laki mengikuti shalat Jum’at berjamaah dan perempuan belajar keagamaan sampai pukul 13.15 wita
  1. Waktu Belajar

1.2.1. Peserta didik yang tidak hadir karena sakit  dapat mengirim surat yang telah ditandatangani oleh Orang Tua/ Wali Peserta didik. Surat sakit  berlaku hanya 2 (dua) hari.

1.2.2. Peserta didik yang tidak hadir karena sakit lebih dari 2 (dua ) hari harus disertakan surat keterangan dokter atau orangtua/wali dapat memberitahu langsung ke pihak sekolah (Wali kelas/ guru BK )

1.2.3.   Peserta didik yang ingin keluar dari kelas pada saat PBM berlangsung harus seizin dengan guru yang mengajar pada saat itu. Apabila peserta didik ybs, tidak kembali lagi belajar di kelas maka dapat diberikan sanksi dan atau dinyatakan alpa/bolos pada saat itu.

1.2.4.   Peserta didik tidak diperkenankan makan, dan minum di kelas pada saat PBM berlangsung dan wajib menjaga ketertiban dan ketenteraman di dalam kelas.

1.2.5.   Apabila guru berhalangan hadir di kelas, maka peserta didik wajib menjaga ketertiban dan tetap belajar mandiri/ menyelesaikan tugas  atau   dengan persetujuan guru piket diarahkan masuk ke perpustakaan.

1.2.6.   Khusus jam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahragaa dan Kesehatan (PJOK), peserta didik wajib memakai pakaian olah raga yang telah ditentukan.

1.2.7.   Peserta didik wajib menghormati guru dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan

1.2.8.   Selama jam istirahat tidak diperkenankan keluar / meninggalkan pekarangan sekolah kecuali mendapat surat izin dari guru piket/ guru BK.

1.2.9.   Kehadiran peserta didik minimal 85 % dari seluruh jumlah tatap muka untuk masing-masing mata pelajaran.

1.2.10. Peserta didik yang izin adalah peserta didik yang mendapat persetujuan izin dari wali kelas atau guru bimbingan konseling.

1.2.11. Ketua kelas /pengurus kelas tidak berhak memberikan persetujuan izin kepada peserta didik yang  akan izin untuk keperluan tertentu.

1.2.12.Peserta didik yang  alpa selama 10 (sepuluh) hari berturut-turut dan tanpa keterangan dari pihak orangtua/ wali peserta didik akan diproses oleh pihak sekolah.

1.2.13.Peserta didik yang membolos (tidak masuk belajar pada jam pelajaran berikutnya), dikenakan sanksi khusus dari wali kelas atau guru piket dan selanjutnya ke guru BK.

1.2.14.Ketua kelas/ pengurus kelas wajib melaporkan (Laporan Kelas/keadaan kelas) setiap hari   pada jam  Istirahat terakhir kepada guru piket.

1.2.15.Pada jam istirahat terakhir peserta didik beragama Islam wajib melaksanakan shalat di Masjid SMA Neg. 3  Maros.

1.2.16.Peserta didik tidak diperkenankan masuk kelas apabila peserta didik yang bersangkutan tidak lengkap ( papan nama, lambang lokasi, baju yang rapi, celana panjang, rok atau ketentuan seragam yang berlaku di SMA Negeri 3  Maros).

  1. Untuk kepentingan pembelajaran (akses data dan internet) peserta didik diizinkan menggunakan HP.Laptop,Modem

1.3.      Pakaian seragam dan Atribut Sekolah

1.3.1    Peserta didik wajib mengenakan pakaian seragam sekolah,  lengkap dengan atributnya.

1.3.2.   Seluruh  peserta didik (Laki-laki) kaki baju berada di dalam  celana, dan khusus peserta didik , perempuan kaki baju diluar, sejajar/menutupi  resleting rok.

1.3.3.   Pakaian seragam sekolah pada hari yaitu :

Senin dan Selasa adalah  Putih-Abu-Abu. Pada hari  Rabu dan Kamis pakaian  Putih dan Batik sekolah. Dan pada hari Jumat dan Sabtu pakaian Pramuka.  Selanjutnya, baju kemeja putih lengan pendek, celana panjang warna abu-abu, ikat pinggang warna hitam, kaos kaki warna putih ( tinggi kaos setengah betis) , sepatu hitam, topi dan dasi SMA Neg.3 L Maros, lambang osis, papan nama dan lambang sekolah serta lambang tingkatan kelas. Khusus peserta didik perempuan, rok harus panjang. Bagi peserta didik perempuan yang memakai   jilbab , warna jilbab yang polos/tanpa ada assesoris dan harus sesuai dengan  warna baju.

1.3.4.   Pakaian seragam pada hari Jumat dan sabtu adalah  seragam pramuka dan atributnya,  sepatu warna hitam dan kaos kaki hitam.

1.3.5.   Pakaian seragam sekolah harus rapi dan bersih, tidak ada coretan atau tempelan selain yang diwajibkan.

1.3.6.   Seluruh peserta didik tidak dibenarkan memakai baju jungkis atau baju ketat yang tidak sesuai  dengan standar seragam sekolah.

1.3.7.  Peserta didik wajib memakai jilbab (muslimah) ketika mengikuti kegiatan intra maupun ekstrakurikuler di lingkungan sekolah

1.3.8.  Bagi peserta didik laki-laki, rambut harus  rapi dengan ukuran maksimal 1,2,3 cm, bawah samping dan atas (setiap tanggal 10 bulan berjalan) dan tidak boleh ada garis-garis atau model-model yang berlebihan.

1.3.9.   Khusus pelanggaran Tata Tertib seperti baju seragam dan rambut peserta didik laki-laki, penanganan untuk menyelesaikan hal ini, diberikan kepada  guru, Wali kelas, guru BK, Kesiswaan, dan orang tua/wali peserta didik dan dewan guru (konfrensi kasus)

1.4.      Tata Tertib Upacara

  1. Upacara bendera dilaksanakan setiap hari senin  mulai pukul 07.15 wita sampai selesai. Peserta didik wajib mengikutinya dan hadir sebelum upacara dimulai.
    1. Setiap peserta didik wajib mengikuti dan bagi peserta didik sebagai pelaksana upacara bendera harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.
    1. Peserta didik yang terlambat dan tidak mengikuti upacara bendera akan mendapat sanksi / pembinaan khusus dari wali kelas masing-masing dan atau guru piket dan  guru BK untuk pembinaan.
    1. Setiap hari dilaksanakan apel pagi (pukul 07.10), kecuali hari senin (upacara) dan hari jum’at Literasi Kitab Suci.

1.5.      Keimanan,Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kerapihan, Kerindangan, Kekeluargaan, dan Kesehatan (8 K)

1.5.1.  Setiap peserta didik wajib mengamalkan 8 K dan ikut berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan.

1.5.2.   Peserta didik  wajib memelihara dan menjaga bangunan dan peralatan sekolah atau sarana dan prasarana sekolah dengan penuh  rasa tanggungjawab.

1.5.3.   Peserta didik harus mengikuti pelaksanaan program kebersihan sekolah, Gerakan Lihat Sampah Ambil (GELISA)

  1. Peserta didik wajib memelihara keindahan ruang kelas dan halaman kelas masing-masing.

III.     KEGIATAN EKSTRA KURIKULER / PENGEMBANGAN DIRI.

3.1.      Setiap peserta didik adalah anggota OSIS di sekolah

3.2.      Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah

3.3.      Setiap peserta didik muslim dan muslimah wajib mengikuti pengajian dan kegiatan ibadah lainnya baik dilaksanakan di sekolah maupun diluar sekolah.

3.4.      Program pengembangan diri / ekstrakurikuler dlaksanakan, setiap hari Kamis pukul 14.30  – 17.00 wita

3.5.      Pengurus OSIS berkewajiban membina hubungan yang baik dan saling menghormati dengan peserta didik lainnya baik di dalam maupun di luar sekolah.

3.6.      Peserta didik wajib membawa surat izin dari sekolah kepada orang tua/wali , apabila ada kegiatan ekstrakurikuler bermalam yang dilaksanakan di sekolah. Ataupun di luarsekolah. Apabila peserta didik tidak diizinkan oleh pihak orang tua peserta didik/wali maka pihak sekolah tidak bertanggungjawab.

 

IV.    LARANGAN-LARANGAN

4.1.      Peserta didik dilarang membawa, memiliki dan memakai serta mengedarkan obat-obatan terlarang   ( Napsah/  Narkoba)

4.2.      Peserta didik dilarang membawa dan merokok di dalam dan sekitar lingkungan sekolah.

4.3.      Peserta didik dilarang berjudi di dalam dan sekitar lingkungan sekolah

4.4.      Peserta didik dilarang membawa minum-minuman keras, dan membawa buku porno dan sejenisnya.

4.5.      Peserta didik dilarang membawa senjata api, senjata tajam dan benda apapun yang dapat mencelakakan orang lain.

4.6.      Peserta didik dilarang berkelahi dengan teman sekolah atau pihak lain.

4.7.      Peserta didik dilarang melakukan keributan/keonaran atau memancing keributan dalam lingkungan sekolah.

4.8.      Peserta didik dilarang mencoret-coret dinding, bahkan merusak gedung (sarana) sekolah dan fasilitas lainnya.

4.9.      Peserta didik yang terbukti merusak fasilitas sekolah wajib mengganti sesuai tingkat kerusakannya.

4.10.    Peserta didik dilarang berada diluar area lingkungan sekolah pada pukul 07.30 – 14.15 Wita tanpa izin pihak sekolah.

4.11.    Peserta didik dilarang berada di area parkir/duduk diatas kendaraan yang sedang diparkir, baik pada saat istirahat maupun pada saat jam belajar.

4.12.    Peserta didik dilarang berada di dalam kelas baik laki-laki maupun perempuan pada  jam pulang sekolah atau waktu tertentu.

4.13  Peserta didik dilarang mengaktifkan alat-alat kominikasi seperti, HP.Laptop, Kamera pada saat pelajaran berlangsung tanpa izin guru, tidak boleh ada gambar atau video porno dalam alat komunikasih serta kehilangan alat komunikasi merupakan tanggungjawab peserta didik sendiri.

4.14    Peserta didik dilarang menggunakan hp untuk menerima maupun memanggil pada jam sekolah tanpa siizin dari guru

4.15    Segala bentuk kehilangan barang milik peserta didik menjadi tanggung jawab  masing-masing peserta didik.

V.     SANKSI-SANKSI.

5.1       Peserta didik yang melanggar tata tertib ini diberikan tindakan pembinaan dengan berpedoman pada ketentuan sebagai berikut :

  1. Tahap pemberitahuan lisan atau tertulis yang bersifat teguran.
  2. Tahap Undangan orang tua/wali peserta didik.
  3. Tahan pemberhentian belajar sementara ( skhorsing )
  4. Tahap dikembalikan kepada orang tua/wali peserta didik (keluar)

5.2.      Khusus bagi peserta didik yang melakukan pelanggaran berat, seperti terbukti mencemarkan nama baik sekolah, berkelahi, Narkoba, melawan /melecehkan guru, tindakan asusila, membawa senjata tajam/api, minum-minuman keras,mencuri, akan diproses dan dibahas dalam  konferensi kasus dan selanjutnya jika perlu dikembalikan kepada orang tua/wali ( keluar )

5.3.       Mekanisme penanganan kasus dilakukan dengan diawali tindakan guru mata pelajaran, wali kelas,  guru BK, Wakasek kepesertadidikan dan selanjutnya Kepala sekolah (konprensi kasus)

5.4.      Apabila dianggap perlu guru bimbingan dan konseling akan memanggil orang tua / wali guna kepentingan dan pembinaan peserta didik serta kelanjutan studi peserta didik tersebut.

5.5.      Tindakan pembinaan tegas dilakukan apabila tiga kali diperingatkan dan peserta didik tidak mengubah atau tidak mengindahkan aturan dan tata tertib sekolah.

5.6.   Khusus mengenai pelanggaran tentang alat-alat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti HP, Laptop, Kamera, penanganannya dilakukan secara bertahap yaitu : peserta didik yang melanggar akan dibina dan diperingatkan oleh guru bersangkutan, dilaporkan ke wali kelas dan BK untuk administrasi dan pembinaan, bila masih melanggar maka wali kelas dan guru BK akan memanggil orang tua untuk pembinaan bersama dan membuat pernyataan, bilamana masih melanggar maka akan diadakan konfrensi kasus (pertama) dan membuat pernyataan terakhir dan bilamana masih melanggar maka akan diadakan konfrensi kasus (terakhir) untuk proses pengembalian kepada orang tua.

VI.    PENUTUP.

Setelah peserta didik dan orang tua/wali peserta didik menandatangani tata tertib ini, berarti peserta didik   tersebut setuju dan bersedia menerima dan mengamalkan serta mematuhi aturan tata tertib ini. Hal-hal yang belum diatur akan diperbaiki sebagaimana mestinya.           

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here